Minggu, 23 Januari 2011

PERAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT – MANDIRI PEDESAAN (PNPM-MP) DALAM EKONOMI RUMAH TANGGA (Suatu Kajian Pada Kelompok SPP Harapan Bersama Kampung Koto Pulai Nagari Talang Koto Pulai Tapan Kecamatan Basa Ampek Balai Kabupaten Pesisir Selatan)

Oleh : Epirawati
Penelitian ini bertujuan menganalisis profil pelaksanaan kegiatan SPP di kelompok SPP Harapan Bersama Nagari Talang Koto Pulai Tapan, menganalisis pemanfaatan dan pengembalian dana bantuan PNPM-MP oleh anggota kelompok SPP Harapan Bersama dan mengetahui peran PNPM-MP dalam meningkatkan ekonomi rumah tangga pada kelompok SPP Harapan Bersama. Penelitian dilaksanakan di Kampung Koto Pulai Nagari Talang Koto Pulai Tapan Kecamatan Basa Ampek Balai Kabupaten Pesisir Selatan.
             Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juni  sampai dengan Juli 2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Responden dalam penelitian ini adalah anggota kelompok SPP Harapan Bersama yang berjumlah 10 orang dimana seluruhnya memanfaatkan dana PNPM-MP. Data  dianalisa secara deskriptif kualitatif.
            Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada profil pelaksanaan kegiatan SPP di kelompok SPP Harapan Bersama di Nagari Talang Koto Pulai Tapan yaitu identifikasi calon anggota, proses pencairan dana, proses penyaluran dana sudah dilaksanakan kelompok SPP Harapan Bersama sesuai dengan mekanisme dan Juknis PNPM-MP berjalan lancar dan baik sedangkan kegiatan sosialisasi dilapangan tidak berjalan sesuai dengan Juknis yang ada karena proses kegiatan sosialisasi dilapangan hanya dilakukan oleh tim teknis dan UPK Kecamatan tanpa adanya sosialisasi dari Kabupaten. Dalam pemanfaatan dan pengembalian dana PNPM-MP digunakan oleh kelompok SPP Harapan Bersama dalam penggunaan dana, jumlah dana yang dipinjam, jangka waktu pinjaman, pengawasan, cara pengembalian, waktu pengembalian, bunga pinjaman, dan jumlah pengembalian dana sesuai dengan Juknis PNPM-MP dan prosedur yang ada. Peran PNPM-MP dalam meningkatkan ekonomi rumah tangga pada kelompok SPP Harapan Bersama adalah mampu menggerakkan ekonomi rumah tangga anggota kelompok SPP Harapan Bersama. Ini dibuktikan dengan termotivasinya anggota kelompok, meningkatkan penghasilan anggota kelompok dan membuka lapangan kerja.
            Diharapkan kepada tim teknis Kabupaten untuk ikut dalam sosialisasi program PNPM-MP di Kecamatan dan PNPM-MP dapat meningkatkan kegiatan pengadaan pelatihan dan pembinaan pada kelompok SPP melalui kerja sama dengan koordinasi pihak yang terkait dan anggota kelompok lebih aktif lagi dalam mewujudkan kelompok yang dinamis agar efisien teknis dapat tercapai.


keyword : Program, Masyarakat, Kemiskinan
file PDF : http://www.scribd.com/doc/47439888/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar